Selasa, 04 Agustus 2015

pengertian gugus fungsi

Gugus fungsi mengacu pada atom tertentu yang terikat dalam susunan tertentu yang memberikan sifat fisik dan kimia tertentu senyawa. Gugus fungsi adalah Sekelompok atom yang bertanggung jawab untuk reaksikarakteristik senyawa. istilah dalam kimia organik adalah kelompok gugus pada atom molekul yang berperan dalam memberi karakteristik reaksi kimia pada molekul tersebut. senyawa yang bergugus fungsi sama memiliki reaksi kimia yang sama. 


Gugus fungsi juga memainkan peranan penting dalam nomenklatur senyawa organik; menggabungkan nama-nama kelompok fungsional dengan nama-nama alkana induk menyediakan cara untuk membedakan senyawa.

Ada juga beberapa pengertian gugus fungsi yang lain,antara lain sebagai bahan aktif dari senyawa karbon yang menentukan sifat-sifat senyawa karbon, gugusnya berupa ikatan karbon rangkap dua,ikataan karbon rangkap tiga,dan atom atau gugus atom. meski senyawa karbon memiliki unsur dasar yang sama tapi sifat sanyawa itu berbeda satu sama lain. misalnya, struktur C-C,ikatan rangkap dua dengan nama senyawa alkena,struktur C C,ikatan rangkap tiga dengan nama senyawa alkena. senyawa dengan gugus fungsi sama memiliki reaksi kimia yang sama.dikelompokkan dalam satu golongan.

Atom-atom dari gugus fungsional yang dihubungkan bersama dan dengan senyawa lainnya dengan ikatan kovalen. Atom karbon yang pertama melekat pada gugus fungsional yang disebut sebagai karbon alpha; kedua, karbon beta; ketiga, karbon gamma, dll. Demikian pula, gugus fungsi dapat disebut sebagai primer, sekunder, atau tersier tergantung pada apakah itu melekat pada satu, dua, atau tiga atom karbon.

Gugus fungsi memainkan peran penting dalam mengarahkan dan mengendalikan reaksi organik. Rantai alkil sering reaktif, dan arah reaksi spesifik sulit; rantai alkil tidak jenuh dengan kehadiran gugus fungsional memungkinkan untuk reaktivitas tinggi dan spesifisitas. Seringkali, senyawa yang difungsikan dengan kelompok-kelompok tertentu untuk reaksi kimia yang spesifik. Fungsionalisasi mengacu pada penambahan kelompok fungsional untuk suatu senyawa dengan sintesis kimia. Melalui metode sintesis rutin, setiap jenis senyawa organik dapat menempel ke permukaan. Dalam ilmu material, fungsionalisasi digunakan untuk mencapai sifat permukaan yang diinginkan; kelompok fungsional juga dapat digunakan untuk menghubungkan molekul kovalen fungsional pada permukaan perangkat kimia.

Adapun bagian-bagian dari molekul yang hanya terdiri dari atom karbon dan hidrogen saja serta hanya mengandung ikatan tunggal saja disebut gugus-gugus nonfungsional








Tidak ada komentar:

Posting Komentar